Kamis, 30 April 2009

Gawat, 50 Sinagog Dibangun di Al-Aqsha


Riyadh,TRIBUN- Satu laporan resmi Palestina, yang dikeluarkan Selasa lalu oleh lembaga Warisan dan Waqaf Al-Aqsha, mengungkapkan lebih dari 50 sinagog telah didirikan beberapa tahun ini di sekitar Masjid Al-Aqsha. Sejumlah sinagog lagi akan dibangun dimana yang terbesar akan didirikan di sekolah Tankaseyah yang merupakan salah satu Masjid Al-Aqsha.

Laporan yang disampaikan ke Kantor PBB di Amman, Jordania ini menyatakan pemerintah pendudukan Israel menyetujui rencana pembangunan sinagog itu dan menyediakan dana 40 juta dolar AS untuk itu.

Sinagog terdekat dengan Masjid Al-Aqsha dihiasi kubah besar yang sengaja dibangun untuk mengganggu pemandangan dan menghalangi kubah Masjid Umar (Dome of Rock Mosque).

Laporan itu juga menyatakan sinagog itu ada di bawah Masjid Alaqsha, sementara terowongan digali oleh penguasa Israel dan kaum Yahudi, dalam sinagog besar berukuran 1.000 meter persegi yang akan dibangun di lapangan Bouraq (Tembok Ratapan).

Selain itu, ada rencana untuk membangun satu sinagog di Menara Al Laqlaq sisi timur laut areal Masjid Al-Aqsha

Sinagog besar yang direncanakan segera dibangun di Lapangan Al-Bouraq itu akan digunakan sebagai pusat pengajaran Taurat, kata laporan itu.

Total, pemerintah pendudukan Israel berencana membangun 35 rumah dan satu sinagog serta 1.000 permukiman baru Yahudi di lingkungan Masjid Al-Aqsha. (ant)


tribunbatam.co.id
Kamis, 30 April 2009

Tidak ada komentar: