Jumat, 04 April 2008

MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI

Judul di atas sebagai sharing informasi bagaimana langkah cerdas kita untuk pengembangan karier. Saduran ini merupakan yang kedua dari buku Get What You Want at Work. Sebelumnya BUATLAH ATASAN ANDA TERKESAN telah kita baca bersama-sama. Mudah-mudahan bermanfaat

Rasa percaya diri adalah komponen besar dalam meraih kesuksesan. Kita tak perlu sombong dan banyak bicara. Rasa percaya diri yang penuh ketenangan juga sama mengesankan. Jika kita tidak tampak memiliki percaya diri, orang lain juga tidak akan percaya pada kita. Lagipula, kita harus memahami apa yang kita lakukan sehingga mereka mau mengikuti arahan kita.

Sebaliknya, kita akan melihat bagaimana orang lebih memilih untuk mengandalkan orang-orang yang lebih percaya diri di sekitar mereka, bahkan saat mereka tak benar-benar membutuhkan kepercayaan semacam itu. Mereka harus mengalami beberapa pengalaman buruk sebelum menyadari bahwa kepercayaan mereka itu salah tempat.


Rasa percaya diri sebagian besar adalah soal latihan. Lakukan berulang-ulang dan kita akan membuatnya menjadi kebiasaan. Sebelum menyadarinya, kita akan benar-benar merasa jauh lebih percaya diri daripada sebelumnya. Kita hanya perlu :

Menyapa orang lain dengan rasa percaya diri
Tersenyumlah
Pandang mata lawan bicara kita
Jabat tangan lawan bicara kita dengan hangat
Katakan ”halo”
Gunakan bahasa tubuh yang menunjukkan rasa percaya diri
Berbicaralah dengan rasa percaya diri
Berbicara dengan jelas
Latihlah berkali-kali apa yang akan kita katakan
Perhatikan lawan bicara kita dan jangan khawatir dengan apa yang akan terjadi
Berlatihlah hingga kita benar-benar percaya diri
Siapkan apa yang akan kita katakan
Latihlah berulang kali bersama seorang teman atau di depan cermin


sumber: intranet rikep

Tidak ada komentar: