Minggu, 07 September 2008

Google Dikepung Banyak Saingan




JAKARTA, MINGGU - Google bisa dibilang masih merajai pasar mesin pencarian Internet hingga 10 tahun debutnya. Tetapi industri mesin pencari pun semakin menggeliat dengan adanya pemain-pemain baru.

Menurut sejumlah pengamat, inovasi baru yang diusung saingan-saingan Google itu diprediksi dapat menggeser si raksasa mesin pencari asal AS tersebut. Apakah ini berarti Google dalam kepungan?

Disinyalir, inovasi baru mesin pencari yang akan bersaing ketat dengan Google adalah layanan yang menggunakan sistem pencarian model semantic dan aggregator yang memberikan hasil pencarian lebih sesuai konteks. Penggunaan kedua teknologi dalam situs yang sangat banyak akan mengubah cara pengguna memakai internet.

Situs aggregator semacam Dogpile, yang dapat memuat situs pencari dalam satu waktu, dapat melemahkan dominasi Google. Situs semacam itu sangat membantu karena indeks mesin pencari sebagai hasilnya disajikan dalam cara yang berbeda.

Mesin pencari semantic yang berfokus pada makna obyek yang dicari bukan hanya pada kata kunci, diprediksi akan menjadi tren ke depannya. Inovasi teknologi web semantic ini dapat mengambil alih dominasi Google yang saat ini menjadi satu-satunya mesin pencari yang dituju khalayak pengguna untuk mendapat informasi melalui web.

Rival Google yang telah menerapkan metode semantik antara lain Powerset yang kini telah diakusisi Microsoft. Selain mengakusisi, Microsoft juga meluncurkan seri terbaru Live Search yang diklaim memberikan hasil pencarian lebih baik.

"Google memang dalam posisi puncak tetapi menurut kami mereka telah menjalani itu dalam waktu sangat lama," tutur Senior Manajer Produk Live Search Paul Stoddart. Ia menegaskan konsumen yang akan memutuskan pengalaman menggunakan mesin pencari mana yang akan digunakan.

Menurut data statistik tahun sebelumnya, proses Google mencapai 37,1 miliar pencarian setiap bulannya, dibandingkan dengan Yahoo yang meraih 8,5 miliar dan Microsoft pada angka 2,2 miliar. Google masih menduduki brand peringkat pertama dari Superbrand’s Council. Brand.

Diluncurkan sepuluh tahun lalu oleh mahasiswa Universitas Stanford Larry Page dan Sergey Brin, Google masih merajai industri mesin pencari dunia. Dua pendiri Google itu mengatakan misi mereka untuk "mengorganisasi satu informasi dunia dan membuatnya dapat diakses universal dan berdaya guna" saat mendirikannya.


sumber :kompas.com

Tidak ada komentar: