Selasa, 30 Desember 2008

Sering Pilek dan Migren, Kenapa?


TANYA 1: Aku kok sering pilek ya? Sampai rasanya kalau makan enggak bisa merasakan makanannya… Pas pilek berat, aku langsung minum obat, besoknya pasti sembuh. Tapi beberapa hari atau beberapa bulan kemudian, pileknya datang lagi. Apakah aku alergi?

JAWAB: Sayangnya anda tidak menyebutkan obat apa yang kamu makan. Tapi kemungkinan adalah obat antihistamin atau anti alergi. Apabila minum obat besoknya pasti langsung sembuh, maka berarti memang mengalami alergi. Coba cari penyebab yang mencetuskan timbulnya pilek tersebut, dan hindarilah, misalnya debu,udara dingin, minum minuman dingin, atau lainnya.

Anda juga harus melihat berapa hari biasanya pilek berat ini berlangsung. Pilek yang disebabkan oleh virus biasanya akan mereda dalam 5-7 hari. Kalau kamu minum obat di saat hari ke 5, tentu saja besoknya langsung mereda, karena memang sudah waktunya sembuh.

Pilek yang berlangsung 5-7 hari ini biasanya disebabkan oleh virus, yang tertular dari orang lain saat daya tahan tubuh kurang baik.

Perlu juga memeriksakan diri ke dokter untuk kemungkinan adanya penyakit sinusitis, yaitu radang pada rongga yang berada di tulang muka, sekitar hidung dan dahi. Sinusitis ini dapat menyebabkan lendir berkumpul rongga rongga itu, dan menyebabkan kamu lebih mudah terkena flu.

Bagi yang daya tahan tubuhnya kurang baik, atau yang ada bakat alergi dari orang tuanya (karena alergi adalah penyakit keturunan) tinggal di daerah pantai, sering berolah raga berenang atau lari pagi di pantai (menghirup angin laut yang sehat), adalah sangat baik. Karena angin laut adalah angin yang baik dan sehat bagi tubuh, bertiup dari laut ke darat.

Olah raga berenang dapat sangat membantu alergi, karena melatih dan memperbaiki pernapasan, dan melancarkan aliran darah di tubuh. Olah raga teratur tiap 30menit di pagi hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cobalah juga makan sup bening campuran ayam atau daging dengan sayuran, yang diberi bawang putih (karena bawang putih bersifat antivirus dan antibakteri). Jamur mitake, banyak makan buah buahan segar, sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


TANYA 2: Kenapa ya kepala saya sering mendadak pusing? Apakah ini migrain? Dan apakah betul kalau sering migrain itu pertanda bahwa saya menderita penyakit serius pada otak?

JAWAB: Kepala yang sering pusing belum tentu disebabkan oleh penyakit migrain. Gejala dari penyakit migren adalah dapat berupa nyeri kepala berdenyut-denyut dan menyerang satu sisi kepala, menetap, kadang kadang disertai mual dan terasa lebih berat pada posisi membungkuk. Gejala Migren yang sangat khas biasa dimulai dengan banyak menguap, daya tangkap kurang dan lekas marah, didahului penglihatan berkunang-kunang, di tengah bidang pandang muncul bintik-bintik terang benderang. Beberapa saat kemudian bintik menjadi sebesar telur menyebar ke samping kiri dan tampak kabur atau gelap di tengahnya, dikelilingi cahaya terang. Setelah lima menit secara perlahan bayangan memudar. Pada saat itu rasa nyeri pada sebelah kepala mulai datang, berdenyut-denyut disertai rasa mual. Frekuensi serangan, bisa setiap minggu, bisa setiap bulan. Biasanya nyeri hilang setelah berlangsung beberapa jam sampai 24 jam.

Migren dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa sebab yang jelas. Namun ada beberapa faktor yang diduga mampu menimbulkan serangan migren, yaitu pengaruh stres, makanan, hormon, dan obat.

Faktor stres diduga dapat meningkatkan kekerapan serangan migren. Kebiasaan terlambat makan juga dapat menimbulkan serangan migren. Sedangkan jenis makanan yang mengandung tiramin (misalnya keju) dan feniletamin (dalam coklat) dapat merangsang serangan migren. Alkohol juga dapat merangsang migren.

Pengaruh hormon terlihat pada kenyataan bahwa sebagian penderita mengalami serangan migren pada waktu sebelum, selama atau sesudah datang bulan. Obat yang diduga mencetuskan serangan migren adalah obat jenis histamin, nitrogliserin, dan prostaglandin.

Sekarang tersedia obat migren yang cukup ampuh untuk mengatasi serangan migren. Pada penderita yang mengalami serangan migren sebulan dua kali atau lebih dapat dipertimbangkan penggunaan obat pencegahan.

Migren biasanya tidak menandakan adanya penyakit yang serius pada otak. Tetapi karena gejala migren yang sangat mengganggu, maka lebih baik cegahlah dan segera atasi apabila serangan migren datang.

Nah, apakah gejala pusing yang kamu maksud adalah seperti gejala migren diatas?

Apabila tidak, maka berarti disebabkan oleh hal lain, karena sakit kepala itu banyak penyebabnya.

Secara umum, sakit kepala terbagi atas dua bagian, sakit kepala primer tipe tegang dan migren, serta sakit kepala sekunder yang disebabkan oleh suatu proses dalam otak karena tumor, perdarahan, dll. Penyebabnya bisa beragam, misalnya: kurang gula atau O2, obat, kebanyakan nitrit dan monosodium glutamat (MSG, bumbu masak), hipertensi, setelah cedera kepala, setelah kejang, infeksi selaput otak, perdarahan.

Sakit kepala sebenarnya merupakan akibat dari rangsangan bangunan di kepala dan leher yang peka terhadap nyeri, entah itu kulit, otot jaringan penunjang tengkorak, pembuluh darah atau bangunan- bangunan yang terdapat dalam rongga tengkorak. Penyebab sakit kepala selain karena faktor intra-kranial (di dalam kepala), bisa juga karena faktor ekstra-kranial (diluar kepala) seperti gangguan pada mata, THT (telinga hidung tenggorok), gigi, tulang leher, tumor, dll. Atau bisa pula karena faktor psikis: banyak pikiran, cemas, kurang tidur, dll.

Ragam sakit kepala pun bermacam-macam, namun yang acapkali menjadi bahan pembicaraan orang adalah migren, sakit kepala menekan, dan vertigo (berputar putar atau pusing tujuh keliling).

Nah, sakit kepala pusing mu ini harus dicari termasuk golongan yang mana, dan penyebab yang mana. Setelah diketahui penyebabnya, barulah diberikan pengobatan yang tepat.

Berelaksasi di tepi pantai, menghirup angin laut yang segar pada pagi hari, berenang di pantai, sangat berguna untuk menghilangkan stress dan membantu menghindari terjadinya sakit kepala.(tribunbatam).

Tidak ada komentar: