Rabu, 28 Januari 2009

AS Melunak, Rusia Hentikan Gelar Rudal


Rusia dilaporkan menghentikan rencana untuk menggelar rudal jarak pendek di Kalingningrad karena perubahan sikap Amerika Serikat yang melunak.

Laporan-laporan dari Rusia menyebutkan, pemerintah Rusia telah menangguhkan rencana untuk menggelar rudal balistik taktis di belahan barat Kaliningrad sebagai reaksi atas rencana AS untuk menempatkan sebagian sistem pertahanan rudalnya di bagian tengah Eropa.

Kantor berita Rusia, Interafax, mengutip pejabat militer mengatakan, keputusan itu telah diambil, sebab pemerintah baru Amerika Serikat tidak mempercepat penggelaran perisai rudal di Polandia dan Republik Cheko.

Pejabat itu mengatakan, rudal Iskander SS-26 tidak perlu digelar di Kaliningrad jika fasilitas pertahanan Amerika tidak digelar di Eropa tengah.

Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengumumkan rencana menggelar rudal tersebut bulan November tahun lalu, dan menyatakan kebijakan itu untuk mengimbangi rencana Amerika mendirikan perisai antirudal yang berbasis di Eropa. Rusia mengatakan rencana perisai rudal Amerika itu ancaman langsung.

Amerika bersikukuh menyatakan rencana untuk menempatkan radar dan rudal penghadang di Polandia dan Republik Cheko dirancang hanya untuk mengantisipasi serangan oleh "negara-negara membangkang" seperti Iran. (kompas/bbc)

Tidak ada komentar: