Senin, 06 April 2009

Korban Gempa Italia Bertambah





L 'AQUILLA -- Sedikitnya 50 orang tewas dalam gempa bumi dahsyat yang melanda bagian tengah Italia Senin dini hari, kata aparat setempat.

Lima anak dilaporkan meninggal dunia dan banyak lagi warga yang nasibnya belum dipastikan sementara pencarian besar-besaran untuk menemukan warga yang terjebak di puing-puing bangunan berlanjut.

Gempa berkekuatan 6,3 itu mengguncang pukul 0330 (0830 WIB). Pusat gempa itu berada di dekat kota dari abad pertengahan, L'Aquilla, sekitar 95km arah timur laut kota Roma.

Seorang pejabat perlindungan sipil mengatakan, antara 3.000 hingga 10.000 bangunan di kota abad pertengahan itu mungkin rusak. Dan, sekitar 50.000 warga dikhawatirkan kehilangan tempat tinggal.

Bangunan-bangunan kuno yang berumur ratusan tamu ikut hancur. Satu hostel untuk pelajar ambruk dan para pekerja bantuan sedang menggali reruntuhan, tempat para korban diduga terperangkap.

Komisaris Palang Merah Italia, Fransesco Rocha mengatakan ia memprihatinkan fasilitas kesehatan di kota itu.

Para pejabat setempat mengatakan ribuan orang kehilangan tempat tinggal dan mereka memperkirakan jumlah yang tewas akan meningkat.

Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi telah menerapkan keadaan darurat dan membatalkan lawatannya ke ibukota Rusia, Moskow. - bbc/ahi



republika.co.id
senin, 06 april 2009

Tidak ada komentar: