Senin, 18 Agustus 2008

Madu,ternyata bisa "berbahaya" bagi kesehatan



Siapa yang tidak kenal dengan madu, minuman berkhasiat tinggi yang sudah lama dikenal.Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon.

Dewasa ini, apikultur dan produk lebah telah membuka cabang penelitian baru di negara-negara yang sudah maju dalam hal ilmu pengetahuan. Manfaat madu lainnya dapat dijelaskan di bawah ini:

Mudah dicerna: Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

Rendah kalori: Kualitas madu lain adalah, jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.

Berdifusi lebih cepat melalui darah: Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

Membantu pembentukan darah: Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

Membunuh bakteri: Sifat madu yang membunuh bakteri disebut "efek inhibisi". Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Sungguh menarik bahwa lebah yang baru lahir dalam koloni diberi makan madu encer oleh lebah-lebah yang bertanggung jawab merawat mereka-seolah mereka tahu kemampuan madu ini (dikutip dari mynutrend.com/keajaiban madu)

Tapi kita tidak tahu selama ini kalau madu ternyata bisa membahayakan kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan,penyakit fisik, bisa menyebabkan cacat fisik dan bahkan kematian. Ini merupakan hasil dari penelitian yang tidak disebutkan sumbernya.

Adapun bahaya dari madu tersebut antara lain:

>menyebabkan gangguan pencernaan : jika madu diminum dengan campuran cabe rawit dalam jumlah yang banyak, jika madu dicampur dengan minyak tanah.
>menyebabkan penyakit fisik : jika diminum dengan campuran lem tikus menyebabkan mulut jadi kaku, jika diminum dengan mengambil langsung dari sarangnya dapat menyebabkan bisul-bisul yang banyak.
>hilangnya kesadaran : jika diminum dengan campuran arak/ minuman keras.
>cacat fisik sampai kematian: jika diminum dengan campuran baygon atau obat anti serangga lainnya, jika diminum sambil berdiri di tengah jalan yang padat kendaraan, jika diminum sambil mengendarai motor dengan mata tertutup.

Demikianlah sedikit hasil penelitian mengenai bahaya dari madu dan disarankan untuk menghindari dari cara minum madu seperti yang tersebut diatas.<*>


nb: info terakhir madu dapat menyebabkan seseorang masuk penjara jika madu yang diminum adalah hasil curian.

Tidak ada komentar: