Selasa, 27 Januari 2009

20 Ribu Demonstran di Paris Tuntut Adili Israel


Lebih 20 ribu orang turun ke jalan di Perancis mendesak dunia untuk menyeret Israel atas kejahatan internasional.



Hidayatullah.com--Demonstrasi di pelbagai penjuru dunia untuk mengecam Israel dan menyatakan simpatik kepada Gaza terus bergelora. Di Paris, Perancis, lebih dari 20.000 demonstran memenuhi pusat ibu kota negeri Eiffel itu pada Ahad (25/1) kemarin.

Harian Arab terkemuka Aljazeera (26/1) mengabarkan, para demonstran mengecam kejahatan perang yang dilakukan Israel atas Gaza. Mereka juga menyatakan Israel sebagai penjahat perang terbesar di abad ini, serta menuntut Mahkamah Internasional untuk mengadili negeri Zionis itu.

Ribuan demonstran itu juga menuntut masyarakat Internasional untuk lebih tegas dalam bersikap kepada Israel, yang terbukti kerap mempecundangi undang-undang Internasional.

Dalam invasinya ke Gaza beberapa waktu lalu, Israel terbukti menggunakan senjata berbahaya yang dilarang secara undang-undang. Israel juga terbukti lebih banyak membunuh rakyat sipil, yang separuhnya adalah anak-anak dan perempuan.

Selain itu, demonstrasi yang banyak diikuti oleh kalangan oposisi itu juga menyerukan untuk memboikot semua produk Israel, juga produk-produk yang terbukti mempunyai income untuk membangun Israel.

Sebelumnya, tetangga Perancis, yaitu Italia, tercatat lebih dahulu untuk menyerukan boikot. Mereka juga menuntut pemerintahan Perancis untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, serta mengakui kedaulatan negara Palestina. [ztj/jzr/www.hidayatullah.com]

Tidak ada komentar: