Selasa, 27 Januari 2009

Sepekan Gencatan, Baku Tembak Lagi


YERUSALEM, TRIBUN— Milisi Palestina meledakkan sebuah bom dengan sasaran patroli tentara Israel di perbatasan Jalur Gaza, Selasa (27/1). Tentara Israel pun membalas dengan melepaskan tembakan gencar. Di tempat lain, Selasa, pejabat keamanan Palestina mengatakan, pasukan Israel di perbatasan menembak mati pria berusia 27 tahun dan melukai dua lainnya. Tidak jelas apakah para korban adalah warga sipil atau milisi.

Ini adalah baku tembak serius pertama sejak gencatan senjata disepakati antara Israel dan gerilyawan Hamas, sepekan lalu.

Saksi mata warga Palestina mengatakan, baku tembak seru terjadi di sepanjang perbatasan Gaza tengah. Helikopter Israel meraung-raung di udara, melepaskan tembakan dari senjata mesin.

Militer Israel mengatakan, bom meledak dekat perbatasan Kissufim dengan sasaran tentara Israel yang sedang patroli. Tidak ada penjelasan lebih lanjut soal insiden itu. Sementara belum ada kelompok milisi yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Sebuah jet tempur Israel memecah keheningan di sepanjang Kota Gaza tidak lama setelah kejadian tersebut. Namun, kemungkinan, itu hanya peringatan dari Israel agar milisi Palestina tidak melanjutkan aksinya.

Israel dan Hamas mengadakan gencatan senjata sejak 18 Januari setelah Israel mengakhiri serangan tiga pekannya. Dalam serangan membabi buta itu tentara Israel membunuh sedikitnya 1.285 warga Palestina dan melukai ribuan lainnya. Lebih separuh dari korban tewas adalah warga sipil. Sementara itu, hanya 13 warga Israel, termasuk tiga warga sipil, tewas dalam pertempuran tersebut. (AP/KOMPAS)

Tidak ada komentar: