Minggu, 15 Februari 2009

Layanan Internet di Pelabuhan Ferry Batam Centre

Cara pakai mirip ATM





BATAM - Anda mengenal Anjungan Tunai Mandiri (ATM)? Kini konsep pelayanan transaksi uang ini juga merambah untuk pelayanan internet.

PT Telkom Riau Kepulauan resmi meluncurkan Anjungan Internet Telkom (AIT) di Pelabuhan Ferry Internasional, Batam Centre, Jumat (13/2). “Sistem kerjanya seperti mengoperasikan mesin ATM. Masukkan nomor PIN dan password sesuai kartu prepaid speedy.





Jika kartu Anda habis isinya, cukup mengisi ulang. Praktis dan gampang dioperasikan, saya sudah mencoba saat peluncurannya tadi,” kata Kepala Badan Kominfo Batam Muramis SE.


Nominal kartu yang ditawarkan Rp 55 ribu. Muramis menyebut penyediaan anjungan internet telkom sebagai sumbangsih Telkom dalam mensukseskan Batam Digital Island.


Untuk lebih mempermudah warga mengakses internet Pemko akan terus membangun hotspot di beberapa titik dengan mengajak Telkom.


Saat ini sudah ada tiga tempat yakni Alun-alun Engku Putri, Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre, Tiban Centre sedangkan Batuaji direncanakan Juni dan Belakangpadang Maret.





General Manager Telkom Kandatel Riau Kepulauan Mulyanta menjelaskan , untuk membangun setiap AIT yang terdiri dari satu komputer yang tersambung dengan akses internet speedy dan booth, telkom mengeluarkan investasi sekitar Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.


“Investasinya tidak terasa mahal jika dibanding dengan manfaat yang diperoleh masyarakat Batam maupun turis mancanegara yang berkunjung ke Batam untuk mendapat akses internet,” jelasnya.


Saat ini, sekitar 350 lokasi di Batam sudah dilengkapi fasilitas hotspot dan ditargetkan pada 2009 bisa mencapai 500 hotspot di Batam, termasuk akses yang disediakan operator telekomunikasi lainnya.


Mulyanta mengatakan AIT di Pelabuhan Feri merupakan salah satu dari 50 AIT yang akan difasilitasi Telkom. Sekolah-sekolah yang ingin mendapat fasilitas AIT, bisa mengajukan permohonan ke Telkom Rikep.


Kartu Speedy Prepaid sendiri memiliki fasilitas yang sama dengan yang dimiliki oleh kartu micro payment iVAS yaitu dapat digunakan untuk koneksi ke layanan internet TelkomHotspot dan layanan internet dial-up InstanSave, membayar internet content game (www.ayodance.com, www.ranonline.co.id), www.boleh.com, www.e-games.web.id), download musik (www.importmusik.com), web e-community (www.manggamuda.com, www.liveconnector.com) dan e-learning (www.kbizz.net)

Untuk tarifnya sendiri Speedy Prepaid adalah Rp 4.500 per jam atau Rp 75 per menit (belum termasuk PPN 10%, charging dilakukan per menit). Apabila kartu Speedy Prepaid dipergunakan untuk akses internet melulai TELKOMHostspot maka pada pengguna dibebankan biaya pemakaian sesuai tarif Speedy Prepaid yaitu Rp 4.500,- per jam.




tribunbatam.co.id

Tidak ada komentar: