Minggu, 08 Maret 2009

Caleg Kemaruk

.





Maju di Tiga Daerah dari Tiga Parpol Beda


JAKARTA (BP) - Ini mungkin cermin licik paling telanjang menyertai Pemilu 9 April nanti. Seorang calon wakil rakyat terdaftar sebagai calon anggota legislatif di tiga kabupaten-kota dengan parpol yang berbeda pula.


Tragisnya, atau mungkin pula sembrononya, KPU Kota Madiun, KPU Kabupaten Magetan, dan KPU Ponorogo sama-sama mengesahkan serta mencantumkan caleg tersebut dalam DCT (daftar caleg tetap).


Caleg yang kebohongannya amat lihai itu bernama Andri Wijaya. Di Kota Madiun, dia terdaftar sebagai caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN). Di Kabupaten Magetan, Andri tercatat sebagai caleg Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Di Ponorogo, dia tercatat sebagai caleg dari partai milik Jenderal TNI (pur) Wiranto, Hanura.


KPU Kota Madiun ternyata dengan enteng menegaskan bahwa lembaganya kecolongan. ''Kami akan cek ke KPU Magetan,'' tegas anggota KPU Kota Madiun M. Ali Fauzi singkat. Padahal, Ketua Panwas Madiun Tony Indriyanto menegaskan bahwa kejadian itu merupakan pelanggaran.


Anehnya pula, KPU pusat menanggapi kejadian itu dengan datar-datar saja. Seolah bukan hal yang harus segera ditangani. Anggota KPU I Gusti Putu Artha hanya menyatakan harus diselidiki apakah yang bersangkutan memang caleg yang berasal dari orang yang sama. ''Bisa jadi namanya saja yang sama,'' kata Putu saat dihubungi.


Menurut dia, jika terbukti, Andri bisa dinyatakan langsung tidak memenuhi syarat. Dikatakan, jika ada seorang caleg yang mendaftarkan diri di lebih dari satu dapil, dengan sendirinya dia akan gugur sebagai calon.


Meski kelak, lanjut Putu, yang bersangkutan terpilih, haknya akan dihapus. ''Meski tidak dicoret, dengan sendirinya dia akan gugur bersaing di lebih dari satu dapil,'' tegasnya.


Sebelumnya diberitakan, Andri Wijaya masuk dapil 1 Kabupaten Ponorogo dengan nomor urut 2 dari Partai Hanura. Dia juga tercatat sebagai caleg nomor urut 1 dapil 2 di Kabupaten Magetan dari PKPI serta caleg nomor urut 8 dapil 3 di Kota Madiun dari PAN. (jpnn)


batampos.co.id
minggu, 8 maret 2009
foto internet

Tidak ada komentar: