Senin, 25 Agustus 2008

241 Roket Bantu Cegah Hujan Saat Penutupan Olimpiade Beijing


BEIJING -- Para ahli meteorologi meluncurkan delapan pesawat untuk melepaskan bahan kimia pengusir hujan dan menembakkan 241 roket ke awan mendung yang datang untuk menjamin agar upacara penutupan Olimpiade Beijing tidak diguyur hujan, kata media resmi, Senin.

Awan mendung dari bagian utara Cina muai bergerak menuju ibukota Cina, Beijing, Ahad petang, kata Guo Hu, kepala Observatorium Beijing, seperti dikutip Kantor Berita resmi Cina, Xinhua.

"Kami memutuskan untuk menggunakan pesawat-pesawat untuk menjelajahi suatu daerah luas, bersamaan dengan itu dari darat kami melepaskan tembakan roket-roket pengusir hujan," kata seorang pejabat di Kantor Modifikasi Cuaca Beijing.

Para ahli meteorologi juga melepaskan tembakan lebih dari 1.000 roket ke awan pada 8 Agustus untuk mencegah hujan mengguyur upacara pembukaan Olimpiade Beijing. Operasi tersebut merupakan operasi semacam itu yang terbesar di Cina.

Cina sejak lama menguji coba teknologi pembuatan dan pencegahan hujan, dengan menggunakan bahan kimia dalam jumlah besar untuk membuat atau mencegah hujan.

Para ilmuwan memandang teknologi itu sebagai menjanjikan, tetapi mengakui bahwa belum ada metode yang telah dikembangkan untuk secara obyektif membuktikan bahwa teknologi itu berhasil.

sumber:republika.co.id

Tidak ada komentar: