Selasa, 02 September 2008

MURI serahkan piagam Rekor pembuatan blog karyawan terbanyak



Sebagai pemrakarsa dan atas ide orisinilnya dalam pembuatan Blog Karyawan Terbanyak di PT.Telkom Divre-I Sumatra, sehingga berhasil dicatat oleh Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai salah satu rekor baru di Indonesia, maka Muhammad Awaluddin EGM Divre-I kemarin sore (30/08) telah dianugerahi “Piagam Penghargaan” yang diserahkan langsung oleh Jaya Suprana di Ruang Platinum Plaza Telkom Medan.

Hadir dan menyaksikan penyerahan “Piagam Penghargaan” dari MURI tersebut, selain Direktur MURI ibu Ailawati Sarwono, tampak juga hadir Wakil Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, Ketua KPU Sumut Ilham Buana Nasution, Ka Badan Infokom Sumut, serta para Senior Leader organisasi Telkom unit PO-DC, RO dan Support yang ada di Medan, beberapa rekan Telkom dari Kantor corporate, serta para senior Leader di Kandatel Se-Sumatra yang meyaksikan lewat tayangan Video Konfrence di lokasi Kantor Kandatel masing-masing lewat tayangan video konfrence.

Ide Pembuatan Blog Karyawan

“Selain menjadi sebuah produk dalam tataran kreatif, saat ini blog juga telah menjadi sebuah produk untuk berkomunikasi antar komunitas secara massal. Perkembangan ini tentu menjadikan peluang bagi karyawan Telkom untuk masuk dan bergabung dengan komunitas yang agar dapat berinteraksi secara aktif untuk melakukan komunikasi marketing “many-to-many” secara tepat sesuai dengan tuntutan serta gejala pasar. Dengan Blog diharapkan karyawan Telkom di Sumatra dapat langsung masuk dan berkomunikasi dengan publik,”, demikian ungkap Muhammad Awaludin menjelaskan latar belakang “Mengapa kegiatan ini perlu dilakukan oleh karyawan Telkom”.

Sebagai BUMN, lanjutnya, Telkom sempat di citrakan oleh masyarakat lekat dengan “monopoli” yang dikelola oleh orang-orang tua dengan mementingkan birokrasi daripada pelayanan sehingga pergerakan perusahaan dianggap sangat lambat. Untuk itu dengan masuknya karyawan Telkom lewat Blog komunitas, selain dapat meningkatkan citra perusahaan karena berkolaborasi langsung dengan berbagai pihak, juga dapat meningkatkan citra produk dan layanan. Selain itu, ini juga merupakan dasar inisiatif, bahwa kita tidak ingin lagi masih berada dalam garis-garis pengelolaan operasi maupun marketing yang sifatnya masih berbasis konvensional, kita butuh sebuah dukungan tehnologi yang saat ini telah menjadi sebuah “base word” yaitu internet, katanya.

Rekor Muri dan “Milestone”

Selain pencatatat rekor MURI hari ini merupakan bentuk formal seremonial, hari ini juga telah menjadi “milestones” bagi Telkom Sumatra dalam gerakan Internalnya untuk mengajak rekan Telkom yang lain untuk segera berbenah diri melakukan pengelolaan secara menyeluruh kesysteman yang disebut dengan “Customer relation-ship Manajemen”. Karena tantangan kedepan adalah bagaimana Telkom dapat masuk kedalam area Industri Telekomunikasi yang berbasis kreativitas dan berbasis inovasi.

Untuk memasuki area ini yang harus kita sadari adalah, bukan saatnyalagi produk diadu dengan produk yang telah terbukti produk tersebut tidak akan bertahan lama. Jadi hanya produk yang mempunyai niai tambah dan berkwalitas saja yang akan diadu dan akan bertahan lama di masyarakat. Selain produk yang mempunyai “Value Added”, pada era ini kompetisi dalam mengelola organisasi juga turut diadu, sehingga berdampak pola pengelolaan traditional saat ini telah banyak ditinggalkan oleh beberapa perusahaan, dan hanya organisasi yang smart, professional, advantage, sekaligus efisien yang akan dipilih oleh pelanggan, ujarnya lagi.

Selain menyerahkan piagam penghargaan sebagai rekor “Pemrakarsa Dalam Pembuatan Blog Karyawan Terbanyak di PT.Telkom Divre-I Sumatra”,pada kesempatan tersebut Jaya Suprana Ketua Yayasan ”MURI” yang mengenakan pakaian serba hitam juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Divre-I Sumatra atas rekor “Perusahaan BUMN Dengan Bloger Terbanyak” di Indonesia”, dan kepada Unit PO dan Support atas rekor “Penyelengara dan Pendukung Blogger Karyawan Terbanyak di PT.Telkom Divre-I Sumatra”, yang masing-masing diawakili oleh Firmansyah Ketua DPW Sekar Telkom Sumatra, dan Bahrul Kamar GM Infratel wilayah Sumbagut.


Tidak ada komentar: