Senin, 09 Februari 2009

APBD Sumbar Serap Ratusan Ribu Naker




Padang, Singgalang
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumbar tahun ini, diyakini akan mampu menyerap ratusan ribu tenaga kerja. Itu merupakan angin segar bagi masyarakat dalam menghadapi terjangan krisis ekonomi global.
Karenanya, pemerintah tengah berusaha mempercepat pencairan dana pembangunan fisik sebesar Rp986,7 miliar. Jumlah anggaran yang cukup besar itu diharapkan mampu menyerap tenaga sebanyak 1.486.912 orang atau rata-rata 123.909 hari orang kerja (HOK).


“Hal ini dapat memberikan angin segar bagi masyarakat yang terkena dampak krisis. Sebab pemerintah akan membuka peluang kerja dalam pelaksanaan proyek di masing-masing SKPD,” kata kepala Biro Humas dan Protokol, Suhermanto Raza, di Padang, Sabtu (7/2).
Ia menyebutkan, pemerintah menilai percepatan pencairan anggaran itu adalah bekal untuk menghadapi krisis global. Lantaran, anggaran itu berguna untuk program pembangunan fisik yang mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.


Ia menambahkan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang akan banyak menyerap tenaga kerja adalah Dinas Prasarana Jalan, Tarkim. Anggaran yang dikucurkan untuk dinas itu sebanyak Rp. 502, 2 Miliar dengan lebih kurang 23.000 HOK.
“Kedua adalah PSDA dengan jumlah anggaran Rp. 75,1 M. Dinas itu diharapkan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 14.000 HOK,” terangnya.
Sementara, penyerapan terbanyak ketiga adalah RUPD Dr. Ahmad Mochtar Bukittinggi, dengan anggaran Rp. 43,3 M dan menyerap 2.800 HOK . Sedangkan 45 SKPD lainnya ditargetkan mencapai 1.486.912 HOK.
“Jumlah itu belum termasuk proyek-proyek pusat yang akan dilaksanakan di Sumbar. Karenanya, pemerintah berharap bisa memberi peluang bagi tenaga kerja,” ujarnya.
Saat ini, kata dia, krisis global telah berpengaruh buruk terhadap perekonomian masyarakat. Buktinya, telah ada beberapa perusahaan yang mengambil tindakan PHK sebesar 396 orang dan pemulangan tenaga kerja lebih kurang 182 orang. (307/107)


hariansinggalang.co.id

Tidak ada komentar: