Rabu, 11 Februari 2009

Inggris Negara Barat dengan Bank Syariah Terbanyak

By Republika Newsroom
Rabu, 11 Februari 2009 pukul 16:48:00






LONDON -- Sebuah studi mencatat Inggris sebagai negara yang memiliki bank terbanyak bagi umat muslim di antara negara Barat lainnya. Saat ini terdapat lima bank murni syariah di Inggris, sementara 17 bank lainnya seperti Barclays, RBS, dan Lloyds Banking Group telah memiliki unit usaha syariah.

Aset perbankan syariah Inggris yang mencapai 18 miliar dolar AS (12 miliar pounds) melebihi aset bank syariah seperti di Pakistan, Bangladesh, Turki, dan Mesir. Hal tersebut pun didukung oleh 55 universitas dan lembaga pendidikan lainnya di Inggris yang memiliki pendidikan keuangan syariah. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding negara-negara lainnya.

Berdasarkan laporan International Financial Services London (IFSL), perkembangan Inggris sebagai pusat keuangan Islam dalam beberapa tahun terakhir sangat didukung oleh pemerintah. Dukungan pemerintah diantaranya adalah keleluasaan pajak bagi kredit rumah dan membuat perdagangan sukuk menjadi lebih mudah.

Direktur Ekonomi IFSL, Duncan McKenzie, mengatakan dukungan kebijakan pemerintah Inggris akan keuangan Islam menempatkan pelayanan syariah seperti layanan konvensional. "Perkembangan keuangan syariah di Inggris menunjukkan negara ini satu-satunya negara Barat yang memegang teguh fitur keuangan Islam," kata McKenzie, sebagaimana dilansir dari telegraph.co.uk.

Inggris menduduki peringkat delapan dalam aset perbankan syariah di seluruh dunia. CEO UK Trade & Investment, Sir Andrew Cahn, mengatakan meski ekonomi syariah tak berasal dari Inggris, tapi keuangan syariah telah menemukan tempatnya di Inggris.

"Tak ada sektor yang kebal terhadap krisis keuangan global, namun keuangan syariah telah menunjukkan daya tahan luar biasa," kata Cahn. Keuangan syariah dapat bertahan dari krisis kredit dan resesi lebih baik dari bank lainnya karena adanya larangan investasi di asset yang beresiko, seperti halnya sub-prime mortgages. gie/is

republika.co.id

Tidak ada komentar: