Kamis, 05 Februari 2009

Tandan Pisang Itu Tumbuh di Batang




LUBUK SIKAPING - Dunia sudah tua, ada-ada saja fenomena alam yang terjadi di sekitar manusia. Aneh menurut ukuran manusia, tetapi demikianlah kenyataannya, kalau Tuhan sudah berkehendak tak ada yang aneh atau ajaib.
Salah satu bukti fenomena aneh itu terjadi di Kampung Baru Ambacang Anggang, Nagari Aia Manggih, Lubuk Sikaping. Ada tandan pisang muncul di tengah-tengah batang pisang. Lalu pisang itu berbuah, dan berjantung. Sedangkan pisang itu tegak tinggi menjulang sekitar 4 meter.


Biasanya tandan pisang di bagian pucuknya, tetapi yang sekarang tidak, keluar di tengah batang, membuat batang pisang itu rengkah seperti orang mau melahirkan saja.
“Kalau biasanya warga hanya melihat pisang tandannya dipucuk, tetapi kali ini yang terjadi malah tandan itu keluar dari perut batang pisang itu,” ujar Edi yang ikut menyaksikan pisang aneh itu. Kini, kondisinya ini sedang mekar-mekarnya, pisang itu masih muda. Tetapi indah menarik untuk dilihat.
Atas fenomena itu, sejumlah warga di Ambacang Anggang terkesima, namun demikian masyarakat takjub dan memuji kebesaran Tuhan, bahwa Allah bisa berbuat sekehendaknya kalau menginginkan.


“Ya itu kami melihatnya itu tanda-tanda alam saja, Allah memperlihatkan kebesarannya apa saja bisa terjadi, hal itu mengingatkan kepada kita semua agar mengingat kebesaran Yang Maka Kuasa yang menciptakan pisang itu. Tak ada yang ajaib kalau memang Allah sudah berkehendak,” ujar Herizon pemilik pisang ajaib itu.
Kini berdasarkan catatan Herizon, pisang itu menarik perhatian warga sekitar dan menjadi tontonan warga tiap sore, melihat tanda-tanda keanehan pertumbuhan pada pisang dimaksud. Dalam beberapa bulan lagi pisang itu diperkirakan akan masak. Warga setempat menamakan pisang aneh itu dengan nama “Pisang Gadang”. (M. Junir)

hariansinggalang.co.id

Tidak ada komentar: